30 March 2013

SEJARAH HIMAKSI


Berdirinya Himaksi berawal dari sebuah pertemuan atau diskusi kecil mahasiswa angkatan pertama jurusan akuntansi FEKON UNTAD yang memunculkan ide untuk membentuk suatu lembaga yang merupakan keharusan bagi setiap mahasiswa yang ingin menimbah ilmu di luar kampus (di luar kelas), meningkatkan wawasan, pengembangan karakter kepribadian, penalaran dan keilmuan serta nantinya dapat dijadikan wadah untuk menunjang setiap kegiatan kemahasiswaan, wadah yang mampu mengakomodir semua permasalahaan yang ada tingkat mahasiswa khususnya mahasiswa akuntansi untuk dipecahkan secara bersama-sama dan mempunyai fungsi sosial kontrol terhadap birokrasi itu sendiri.
Berdasarkan pemikiran tersebut, dibentuklah sebuah lembaga dan diberi nama HIMAKSI (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) yang resmi berdiri pada tanggal 25 NOVEMBER 1995 di kediaman kawan Muh. Rusli yang terletak di jalan Otto Iskandardinata No 33 dengan Ketua umumnya Kanda Lukman Kadir dibantu oleh  Sekretaris Kanda Wahda, Bendahara Kristina Mahmud dan Ketua Bidang Intren Kanda Mahmud dan Ketua Bidang Ekstren Kanda Muh. Ikbal. Yang masing-masing, bidang intren membawahi bidang pengembangan wawasan, sentra informasi, penulisan ilmiah, sedangkan bidang ekstren membawahi bidanng seminar, penelitian ilmiah, dan sosial worker. Dan sejak saat itu, sekretariat HIMAKSI disepakati beralamat di Otto Iskandardinata No 33 sebagai langkah awal untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi organisasi. Nama HIMAKSI itu sendiri, dirumuskan oleh  Kanda Lukman Kadir, Muh Rusli (Uling), Wahida, dan Mahmud. Berdirinya HIMAKSI tidak lepas dari peran, bimbingan serta arahan dari senior-senior dari FISIP yang mempunyai pengalaman organisasi yang cukup mapan dalam berorganisasi, yang kebetulan sekretariat HIMAKSI juga merupakan tempat berkumpulnya senior-senior FISIP. Hal ini di manfaatkan oleh kanda-kanda senior kita untuk bersdiskusi tentang bagaimana berorganisasi sekaligus untuk menambah wawasan dalam berorganisasi.
Pada awal berdirinya, tanggal 25 November 1995 HIMAKSI masih diakui secara de fakto menjadi anggota KMFE (Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi) dan pengakuan secara de jure KMFE terealisasi pada musyawarah Besar KMFE tahun 1996 selanjutnya diterbitkan surat keputusan BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) Nomor : 04/SK/BPM.FE-UNTAD/VI/1996. Tentang susunan pengurus Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako periode tahun 1996/1997 tanggal 10 juni 1996. Guna meningkatkan SDM dalam mengelola organisasi dengan cara belajar dari para senior di Fakultas Ekonomi maupun fakultas lain seperti diskusi, meminta serta pendapat tentang berbagai persoalan baik ingkungan kampus maupun lingkungan luar kampus, ikut dan terlibat pada organisasi kampus dan luar kampus, memperkuat ikatan persaudaraan sesama anggota dan masyarakat Fakultas Ekonomi serta merancang kegiatan yang mampu mengangkat nama HIMAKSI untuk dikenal lebih luas.
Tujuan awalnya berdirinya HIMAKSI yang dirumuskan oleh para pendiri HIMAKSI yaitu :
1.    Sebagai alat perjuangan
2.    Sebagai sasaran untuk meningkatkan kualitas keilmuan khususnya dibidang akuntansi
3.    Sebagai sasaran untuk memperkenalkan lembaga dan jurusan akuntansi
Agar tetap eksis, HIMAKSI mengalami suatu proses yang panjang, melelahkan dan penuh pengorbanan, serta tetap berpegang teguh pada tujuan awal dari pendirian HIMAKSI itu sendiri. Perjalanan HIMAKSI selama ini di tandai dengan berbagai perubahan setahap demi setahap agar memiliki anggota yang mempunyai idealisme dan rasa tanggung jawab yang tinggi, dan memiliki SDM yang berwawasan luas serta memiliki kemampuan manajemen organisasi.

No comments:

Post a Comment